Selasa, 25 November 2014 02:58 WIB

LAST UPDATE

Umum

Selasa, 24 Desember 2013 20:36 WIB

Ini Penyebab Peserta Adventure Off Road Trenggalek Terjebak di Hutan


Trenggalek - Adventure off road memang kegiatan yang menyenangkan. Tapi pada titik tertentu, kegiatan yang menantang adrenalin ini dapat menjadi malapetaka. Seperti yang terjadi di hutan Watulimo, Kabupaten Trenggalek pada Minggu (22/12). Puluhan peserta "Pantai Prigi Extreme Adventure" terjebak di dalam hutan karena medan yang mendadak rusak berat.

Trek yang tiba-tiba hujan membuat kondisi lintasan menjadi berlumpur dan sulit dilalui. Hal ini diperparah dengan jumlah peserta yang cukup banyak sehingga lintasan makin sulit dilalui. "Lumpur dan kena air jadi hancur ketika dilewati motor. Tanahnya coklat campur kapur, karakternya licin dan nempel," beber Novi Ridlatama, salah satu peserta yang berhasil lolos dari jebakan maut di hutan Watulimo, Trenggalek ini.

"Beruntung saya ada dikloter awal jadi cepat keluar dari jebakan lumpur. Jam 10 malam saya sudah bisa lepas dari jalur maut itu," rincinya. Sedang di dalam hutan masih banyak peserta yang terjebak dengan kondisi memprihatinkan.

Peserta yang terjebak umumnya tanpa membawa logistik dan persediaan air bersih menyebabkan dehidrasi. Bahkan ada yang pingsan, kedinginan serta kelaparan. Penyelamatan pun dilakukan badan SAR dibantu TNI dan Kepolisian setempat, juga dibantu peserta yang lebih dulu finish.

"Sayangnya tidak ada sweeper dan regu penolong dari panitia yang membantu," jelas Novi. Idealnya di titik-titik rawan selalu ada panitia yang memberikan bantuan. "Jalurnya juga single trek tanpa jalur alternatif," tambah pria ramah yang sudah dua tahun terakhir rajin berpetualang adventure off road ini.

Selain kondisi jalur yang rusak parah dan sulit untuk dilalui, motor yang digunakan peserta pun umumnya mengalami kerusakan karena dipaksa melewati jalur yang tidak biasa. Kebanyakan habis kampas kopling karena dipaksa untuk terus berakselerasi dan mendapatkan traksi roda sambil selip kopling di tanah gembur yang sulit dilalui.

Bukan cuma kampas kopling habis, motor-motor enduro spek build up pun tak luput dari kendala. "Banyak juga yang over heat," beber Novi yang turun dengan KTM EXCF350 ini.

Memang sadis! (motor.otomotifnet.com) 

Penulis : Popo | Foto : Istimewa

Berita Event Lainnya

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top