Kamis, 23 Oktober 2014 18:07 WIB

LAST UPDATE

Tips

Sabtu, 15 Juni 2013 16:54 WIB

Cara Instan Buka Bak Kopling, Sambil Tekan Kopling


Bagi yang awam, buka bak mesin sebelah kanan (bak kopling) katanya ribet betul. Setelah semua baut dan peranti pendukungnya terlepas, konon paking kertas sambungan blok mesti dicungkil obeng atau kape. Setelah itu juga mesti dipukul pakai martil khusus, biar gampang terbuka.

Namun, cara tersebut bukan satu-satunya yang bisa dilakukan. Ada trik cepat buka bak mesin tanpa dicungkil atau dipukul. Yaitu, dengan menarik handel kopling atau menekan tuas persneling pakai kaki kiri. Sehingga, bak mesin yang tidak terikat baut lagi akan mudah terdorong keluar.

“Hal itu karena tuas pengungkit di bak mesin yang mestinya mendorong kampas kopling, justru menekan bak mesin. Kebetulan, bak kopling juga sebagai dudukan atau tumpuan as persneling waktu difungsikan. Karena tidak dibaut, bak kopling jadi mudah lepas,” ujar Frans Nieco, mekanik Mr. Montir 048 di Jl. Mekarsari, Kav. 1, No. 6, Bekasi. Telepon (021) 92696448.

Cuma, trik ini enggak bisa diterapkan ke semua jenis motor. Yaitu enggak bisa dipakai di sistem kopling inner push, macam Yamaha Vega. Tapi, kopling sistem outer push seperti Honda Supra, Suzuki Smash, Kawasaki Kaze atau sistem kopling outer pull di Honda Tiger, Suzuki Satria F-150 bisa.

“Sebenarnya dipukul pakai palu plastic atau karet masih dibenarkan mas. Tapi, harus pakai teknik yang benar. Yaitu, dengan cara silang atas-bawah atau kanan-kiri,” aku Frans. (motorplus-online.com)

Penulis : KR15 | Teks Editor : KR15 | Foto : Joppie

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top