Jumat, 25 Juli 2014 23:58 WIB

LAST UPDATE

Modifikasi

Senin, 06 Mei 2013 17:07 WIB

Honda Tiger, Full Fairing Tanpa Potong Sasis Cuy


Nongol satu lagi modifikator dari daerah Banyumas. Sekhun namanya, cukup pendek. Namun hasil karyanya akan menambah panjang daftar modifikator dalam belantika dunia modifikasi Indonesia. Doi adalah salah satu dari puluhan modifikator asal Kota Mendoan, Purwokerto, Jawa Tengah.

Style arah modifikasinya pun unik, keluar pakem dari kebiasaan khas Banyumas yang beken dengan aliran West Jateng Style (WJS) berbuntut pendek. Justru punggawa Perdana Motor (PM) ini mendobrak dengan gaya full fairing yang menjadi spesialisasinya.

Coba tengok garapan pada kuda besi miliknya sendiri ini. Ciri full fairing ala racing sangat menonjol pada besutan bergaya Yamaha R6 ini. Cocok pula dengan konsep yang bodi R6 yang ditanam pada belulang macan noceng. Secara dimensi, proporsional karena R6 masuk dalam golongan motor Supersport.

Cukup beda jika tampilan superbike ditanam pada Honda Tiger, pasti akan ada banyak penyesuaian. Sebab bodi Superbike cenderung lebih besar dan lebar. “Bodi Yamaha R6 cukup kecil, tidak kedodoran dan mudah diaplikasi pada sasis Honda Tiger. Apalagi saya masih mempertahankan sasis asli bawaan pabrikan, tanpa potong sasis,” buka modifikator dari Jl. Beji No. 7, Kedung Banteng, Purwokerto.

Jarang-jarang nih ada modifikasi dengan menerapkan sasis asli. Biasanya, walaupun model full fairing pasti ada rombakan pada bagian sub frame. Inilah bukti Sekhun piawai menghitung dimensi desain bentuk.

Yang digarap dahulu, justru bukan pada bentuk bodi. Tetapi kaki depan-belakang yang comot punya Aprilia RS125 full set. Termasuk, sokbreker depan-belakang. Sebab modifikator yang masih betah melajang ini memakai sudut setang bawaan Aprilia RS sebagai patokan dimensi fairing.

Tak heran kalau nilai estetika proporsional begitu kental. Bentuk windshield depan, seakan menyatu dengan reflektor Honda Vario dan bentuk fairing ala Yamaha R6. Terkesan padat dan rapi, menyembunyikan bentuk mesin Honda.

Baru dech, dibikinin tangki sesuai bentuk tubuh Sekhun yang tidak terlalu tinggi alias sedikit imut. “Makanya, pas dengan bentuk buntut belakang yang memakai sub frame asli bawaan Tiger,” cuap modifikator asli Purwokerto ini.

Ciri lekukan lancip khas R6 nampak pula di deltabox palsu. Racikan ini sesuai pilihan kelir sederhana yang membuat detail bodi nampak lebih berotot. Cat Supergloss Black dan polired Lessonal, bikin tampilan makin elegan. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Swallow 120/70-17
Ban belakang: Swallow 140/70-17
Pelek set: Aprilia RS 125
Setang: Aprilia RS 125
PM: 0815-4282-4142
 

Penulis : Andika | Teks Editor : KR15 | Foto : Andika

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top