Senin, 21 April 2014 01:36 WIB

LAST UPDATE

Umum

Jumat, 05 April 2013 13:51 WIB

Aturan Baru Keterlambatan Perpanjang SIM Masih Sosialisasi 6 Bulan!


Keluarnya Peraturan Kapolri (Perkap) No. 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM) terutama pada pasal 28 tentang keterlambatan perpanjangan SIM menuai banyak kebingungan publik.

Pada aturan sebelumnya, keterlambatan perpanjangan masih ada toleransi waktu hingga beberapa bulan. Dengan keluarnya Perkap itu berarti tidak ada lagi toleransi bagi yang terlambat.

Sebab pada pasal 28 ayat 2 dan 3 menyebutkan perpanjangan SIM setelah lewat masa berlakunya harus mengajukan pembuatan baru.

Nah, persyaratan ini diterima masyarakat dengan berbagai pandangan. Bahkan tersebar informasi yang tidak jelas asalnya, menyatakan pelaksanaan Perkab itu akan berlaku mulai 1 Maret 2013.

"Tidak benar kalau peraturan itu langsung dijalankan. Kepolisian masih mensosialisasikan. Sosialisasi masih dilakukan sampai 6 bulan melalui berbagai media, termasuk sosial media," yakin Brigjend. Pol. Boy Rafli Amar, Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri.

Jadi sejak 1 Maret 2013 adalah waktu sosialisasi bukan pemberlakuan. Ayo, masih ada waktu perpanjangan. (motorplus-online.com) 

Penulis : Tining | Teks Editor : KR15 | Foto : GT

MOTORtv

JW Player goes here

Sang legenda Vespa Primavera hadir di Indonesia

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top