Sabtu, 29 November 2014 06:46 WIB

LAST UPDATE

Tips

Jumat, 05 April 2013 09:00 WIB

Cara Kuras Minyak Rem Sepeda Motor, Gampang Bro!


Menguras minyak rem, gampang-gampang susah. Biar bener-bener gampang, sebelumnya siapkan perlengkapan yang dibutuhkan.  Antara lain; obeng kembang, lap bersih dan slang transparan. Obeng kembang berfungsi membuka tutup master remnya.

Buka master rem dan masukkan minyak rem ke dalam master rem perlahan-lahan. "Jangan sampai mengenai bagian bodi motor atau bagian lain. Sebaiknya sebelum melakukan, lindungi bagian sekitarnya dengan kain. Bahan minyak rem bisa merusak bodi motor," pesan Titut, kepala mekanik AHASS Wahana. 

Setelah minyak rem dimasukkan, pasang slang pada nipel kaliper rem. Lalu, pompa handle rem berulang-ulang samapi terasa lebih keras. Cara ini untuk membuang udara yang masuk.

Kemudian, tahan sebentar handle rem. Kemudian, kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar. Jika cairan itu sudah keluar, lakukan kembali proses pengencangan baut nipelnya.

Jangan lupa kembali tekan-tekan untuk menghilangkan gelembung yang ada di slang. Atur jarak main remnya. Kalau masih kurang, bisa kembali ditambahkan minyak rem. Lalu tutup kembali master rem dan cek kekerasan baut pada master rem dan kalipernya.

Apabila ada minyak rem yang menetes ke bagian motor, segera lap bersihkan. Agar tidak merusak cat atau bagian motor lainnya. Atau, bisa juga segera siram pakai air bersih. (motorplus-online.com)

Penulis : KR15 | Foto : DOK. MOTORPLUS

Berita Kaki-kaki Lainnya

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top