Jumat, 01 Agustus 2014 05:39 WIB

LAST UPDATE

Tips

Rabu, 03 April 2013 17:31 WIB

Bikin Kantong Doraemon di Jok Skubek


Bagi bikers yang hobi menyimpan dokumen atau alat tulis, ruang bagasi pada skubek ternyata belum ideal. Karena, di bagasi ini, segala ATK alias alat tulis kantor, buku catatan maupun dokumen bakal bercampur dengan helm dan jaket.

Sehingga, saat mengambil barang pernik-pernik ini, malah merepotkan. Ada solusi jitu buat mengatasinya. Cukup dengan menambahkan kantong Doraemon di balik jok. Mudah, murah dan berguna buat sobat nantinya.

Seperti ente tahu, pada motor skubek selalu dilengkapi dengan bagasi. Mulai Yamaha Nouvo, Yamaha Mio, Honda Spacy, Vario maupun Scoopy. Bagasi ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Mulai helm hingga laptop maupun jas hujan. 

Karena untuk mengejar volume ruang biar lega, makanya tidak ada sekat atau pembatas  di dalam bagasi ini.  Sehingga, saat kita meletakkan pulpendi dalamnya, akan kerepotan ketika akan mencarinya. Apalagi bila posisinya di bawah tumpukan helm, atau jas hujan.

Biar mudah, maka bikin deh kantong Doraemon. Letaknya, persisi di balik jok. Yaitu, di atas ruang bagasi. Tepatnya, pada tatakan busa yang berbahan plastik di balik jok. Bikinnya mudah. cukup menempelkan saku pada  plastik ini. Bisa menggunakan velcro atau dengan lem.

Bahan kantong, bisa beraneka ragam. Bisa menggunakan jala, kain atau pembungkus jok sintetis macam MBtech, Camaro atau Superior. Itu bila sobat pengin membuat kantong Doraemon ini matching dengan warna jok sobat.

Cara membuatnya, pertama ambil contoh dari bahan pembungkus jok sintetis. Sediakan pembungkus jok, lem, gunting dan penggaris.  Lalu, ukurlah  diameter dari bagasi motor sobat. Lalu buat pola dari hasil ukuran tadi (gambar 1).

Yang perlu diingat, diameter kantong jangan lebih besar dari diameter bagasi. Biar, saat jok ditutup, kantong ini bisa masuk ke ruang bagasi. Sehingga, tidak mengganggu saat jok ditutup.

Setelah ketemu polanya, gunting bahan jok tadi. Buatlah rangkap dua (Gambar 2). Lalu rekatkan pinggiran kedua pola tadi dengan lem atau dijahit. Selesai? Tempelkan kantong Doraemon tersebut di bawah jok atau di atas bagasi dengan lem ataupun dobel tape. Beres dah.

Kini , kantong sudah bisa digunakan untuk menyimpan pulpen, alat tulis kantor atau dokumen kertas. Bahkan, bisa juga untuk dompet kala riding dalam kondisi hujan tuh. Bikin ya!. (motorplus-online.com)

Penulis : Ipunk | Teks Editor : KR15 | Foto : Eric

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top