Minggu, 26 Oktober 2014 04:10 WIB

LAST UPDATE

Modifikasi

Senin, 18 Maret 2013 17:07 WIB

Honda Astrea Grand, Motor Mini Buat Sang Idola


Karisma Dani Pedrosa bisa menyentuh banyak orang. Kiprah pembalap MotoGP berpostur mungil asal Spanyol ini, memang sudah tidak diragukan lagi. Jadi, tidak heran jika banyak rakyat biker mengidolakannya.

Rizky, lajang asli Ciamis, Jawa Barat yang juga seorang builder, merupakan salah satu fans dari ribuan fans yang mengidolakan Pedrosa. Wujud apresiasinya sebagai seorang fans, diwujudkan melalui keahliannya. Ya, lewat pacuan modifikasi.

Menyesuaikan keahliannya dalam bidang modifikasi, Rizky coba mewujudkan kecintaannya terhadap Pedrosa dengan membuat replika Honda RC212V dengan kuda besi miliknya sendiri. Menariknya, basis motor yang dipilih Rizky adalah motor bebek, Honda Grand 1996.

“Setidaknya, sama-sama keluaran pabrikan Honda juga, Bro. Soalnya dari dulu, aku ngefans banget sama pembalap imut ini. Makanya, aku coba untuk membuat replika motornya. Tapi, bentuknya enggak semua aku aplikasi. Dari ukurannya saja sudah kelihatan berbeda,” bela modifikator penuh canda ini.

Jelas saja berbeda jika ditengok dari segi ukurannya. Ini, versi mini-nya! Maka itu, sangat dibutuhkan ketelitian dalam mengingat detail-detail tiap bentukannya yang juga harus dibuat mini. Hal itulah yang membuat motivasi tersendiri bagi sang kreator. Menyesuaikan kemahirannya memainkan fiberglass, bodi replika RC212V coba dibuat.

Mulai desain tangki dan bodi belakang, dibikin ala Honda RC212V. Sedangkan bentukan shroud, airoscop dan bentuk desain bodi lainnya sengaja bikin sesuai keinginan Rizky. Sedikit sentuhan sana-sini agar makin kelihatan garang.

Sedangkan motif kombinasi warna bodi, menyesuaikan warna motor Pedrosa yang terlihat serasi memadukan warna hitam dan orange. “Untuk urusan kombinasi warna juga aku tidak mencontek persis. Bukan berarti aku enggak bisa, hanya saja, ingin mengapresiasikan imajinasiku,” ujar owner rumah modifikasi Favorit Modification (FM) ini.

Sedangkan untuk rangkanya, builder berpostur kutilang darat alias kurus tinggi langsing dada rata ini membuat ulang untuk dudukan mesin. Yaitu, pakai pipa bulat dengan ukuran diameter 4 cm dan tebal 5 mm.

Untuk urusan kaki-kaki, agar sesuai dengan bentuk mini, Rizky mempercayakan ban minimoto merek Clever 5,00 x 13 untuk depan dan 6,50 x 13 untuk belakang. Ban ini pun tertopang kokoh oleh sok sepeda MTB untuk depan dan belakang juga. Walah....

“Meskipun demikian, kuat lho untuk dinaiki orang dewasa. Cuma, gak bisa dipakai buat harian. Bisa-bisa encok ini punggungku,” ujar builder yang buka bengkel di Jl. Jendral Soedirman No. 211, Ciamis, Jawa Barat ini.

Untuk mengerjakan replika RC212V ini, sang builder membutuhkan waktu hampir dua bulan. Itu karena pekerjaan tidak bisa fokus ke ‘Grand Pedrosa’ ini terus. Maklum, banyak pekerjaan lain yang juga mengantre untuk digarap di bengkelnya. “Sesempatnya, sembari memikirkan enak dan bagusnya seperti apa,” bilang Rizky.

Begini cara Rizky mewujudkan kefanatikannya terhadap sang idola. Bagaimana dengan brother?  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Clever 5,00 x 13
Ban belakang: Cleaver 6,50 x 13
Knalpot: Custom
FM: 0852-8623-2939
 

Penulis : Edhot | Teks Editor : KR15 | Foto : Edhot

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top