Senin, 24 November 2014 14:57 WIB

LAST UPDATE

Test

Sabtu, 16 Maret 2013 19:17 WIB

Komparasi Yamaha Xeon RC VS Honda Vario Techno, Desain Pilih Mana?


Di segmen matik 125 cc injeksi, Honda Vario Techno 125 PGM-FI tidak lagi melenggang sendirian. Matik andalan Honda ini dapat tantangan dari Yamaha Xeon yang turut di bekali teknologi hemat bahan bakar ini. Namanya jadi Xeon RC dan siap mengganggu pasar Honda di kelas yang sama.

Biar makin seru, kali ini kami akan melakukan komparasi keduanya. Seperti artikel komparasi yang sudah-sudah.. pembahasan komparasi akan dibagi beberapa ulasan terpisah. Yaitu, desain, fitur, handling, performa serta konsumsi bahan bakar. Kali ini kita mulai dari desainnya terlebih dahulu.

Keduanya memiliki konsep yang berbeda. Yamaha Xeon RC terinspirasi pesawat tempur F117-Nighthawk yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamik. Serta desain lampu belakang dengan konsep After Burner Jet Tail Lamp.

Yamaha Xeon RC tampil lebih padat jika dilihat dari samping, bagian bawah jok hingga kebagian belakang terlihat tebal, kolong roda belakang juga terlihat lebih berisi.

Sedang pada Honda Vario Techno 125 PGM-FI dari sportcar Honda NSX. Sudut-sudut bodinya jauh lebih tajam dan terlihat lebih banyak lekukan. Bentuk lampu belakangnya unik dengan desain tak biasa.

Tampilan lainnya yang berbeda ada pada bagian headlamp, Yamaha Xeon RC hanya menggunakan satu lampu utama, pada Honda didesain split kanan-kiri. Keduanya sama-sama sudah menganut AHO (automatic head on) dan lampu sein dekat dengan headlamp.

Sebenarnya untuk urusan desain tidak bisa di tentukan mana yang lebih baik. Keduanya punya ciri yang berbeda, kalau sudah begini balik lagi pada selera. Pertanyaanya, pembaca suka yang mana? (motorplus-online.com)

Penulis : Opix, Reza | Foto : Opix

Berita Komparasi Motor Lainnya

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top