Jumat, 29 Agustus 2014 16:02 WIB

LAST UPDATE

Tips

Kamis, 07 Februari 2013 13:13 WIB

Tracker Kampas Kopling Suzuki, Buat Bongkar Kampas


Pemilik pacuan Suzuki tipe bebek yang ingin melakukan penggantian kampas kopling, kadang kesulitan saat akan melepas part itu dari rumahnya. Sebab, modelnya tak seperti motor lain yang menggunakan pegas kopling dan baut.

Di bebek Suzuki seperti Shogun atau Smash, sebagai pengganti pegas yaitu pelat diafragma yang dikunci dengan klip. Sekarang kopling macam ini dipakai juga di Yamaha New Jupiter-Z dan Honda Blade.

Jika tak punya toolkit khusus, pastinya akan mengalami kesulitan. “Tapi tenang, bisa kok buat sendiri alat itu dengan bahan yang mudah kita dapatkan di bengkel,” buka Tri Wahyanto, pemilik bengkel Serba Jaya, Suruh, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Yang diperlukan; pipa besi diameter 10 mm, mur, baut dan bushing sebagai pengganjal. “Jangan lupa bahan-bahan itu dibawa ke tukang las untuk membentuk sesuai dengan yang diharapkan,” tambah pria kalem ini.

Sebelum ke tukang las, ada baiknya siapkan dulu bahan yang akan dibuat jadi alat pelepas kampas kopling itu. Potong besi yang telah kita siapkan jadi ukuran-ukuran kecil. “Pertama, potong dengan ukuran 15 cm. Potongan ini nantinya kita bentuk bulat sebagai dasar penekan pelat,” bebernya.

Lanjut potong juga besi sepanjang 5 cm sebanyak 3 buah. Potongan ini digunakan sebagai penyangga mur yang ada di bagian atas. Iya, buat penyangga itu diberi tiga buah besi untuk lebih memudahkan ketika mengambil klip pengunci yang ada di tengah. Setelah semua tugas selesai, kini serahkan ke tukang las untuk menyatukan besi yang sudah dipotong tadi.  (motorplus-online.com) 

Penulis : Jack | Teks Editor : KR15 | Foto : Jack

MOTORtv

JW Player goes here

Modifikasi Yamaha R25 by Jiester MotoModification

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top