Selasa, 29 Juli 2014 02:27 WIB

LAST UPDATE

Tips

Jumat, 18 Januari 2013 11:00 WIB

Syarat Pasang Lampu HID di Honda BeAT-FI


Pasang lampu HID (High-intensity Discharge) di sepeda motor yang sudah injeksi, sebenarnya enggak ribet. Asal, tahu caranya. Jadi, jangan sampai punya anggapan kalau motor injeksi enggak bisa pasang lampu yang pancaran sinarnya tergolong sangat terang itu ya.

“Selama ini sih enggak ada masalah. Bahkan sudah sebulan lebih saya pakai dan itu juga untuk keperluan harian,” ujar Pandu Eka Putra, pemilik Honda BeAT-FI yang sekaligus owner bengkel Panjala Motor di Praja Dalam, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Tetapi untuk pemasangan lampu HID di BeAT injeksi miliknya, Pandu menyerahkan ke Arthur Wullur dari workshop Violeta Rumble Team (VRT) Modified. “Yang mesti dilakukan adalah mengubah sistem kelistrikan BeAT menjadi fullwave,” bilang Arthur dari tempat mangkalnya di Jl. WR Supratman, No. 37, RT. 03, RW. 11, (depan Kecamatan Pd. Ranji), Ciputat, Tangerang.

Perubahan sistem ini harus hati-hati juga, karena berkaitan dengan ECU atau ECM (Electronic Control Module). Jalur output sepul dari BeAT FI hanya satu. Berbeda dengan pacuan lain yang punya dua output. Yaitu, lighting dan charging.

Sedang di BeAT-FI, charging dan lighting baru terbagi setelah lewat kiprok. “Bagian ini yang harus diubah jadi sistem fullwave single phase. Keduanya musti jadi charging biar enggak tekor,” katanya.

Ubahan lain yang juga harus dilakukan, di bagian jalur listrik kelistrikan. Ada dua jalur kelistrikan berbeda di BeAT-FI ini. Yang satu jalur menuju ECU dan fuel pump. Satu jalur lainnya, ke aki.

Ini dia yang enggak boleh salah mengubahnya. Kalau salah, mesin nggak mau hidup. Jadi jalur yang untuk ECU dan fuel pump yang tadinya melewati kiprok, mesti diubah ke jalur power dari kunci kontak. Tetapi untuk itu, tetap butuh regulator full DC sebagai pengganti kiprok standar,” kata Arthur yang berambut panjang.

Tapi kalau sobat enggak mau direpotkan hal ini, Arthur bersedia idorder untuk pamasangan. Cukup sediakan Rp 1.250.000. Uang itu sudah termasuk lampu HID dan regulator. Juga, ongkos pasang. Buat lebih jelasnya, coba langsung call Arthur di nomor (021) 995-34907. Allooww...! (motorplus-online.com) 

Penulis : Eka | Teks Editor : KR15 | Foto : Eka

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top