Sabtu, 25 Oktober 2014 04:28 WIB

LAST UPDATE

Tips

Kamis, 03 Januari 2013 10:01 WIB

Penyebab Kick Starter Ngelos, Ada Banyak Bro!


Pernah enggak merasakan kopling ngelos? Tapi, ini ngelos yang lain. Tepatnya saat kick starter digenjot enteng alias hilang seperti nggak ngengkol. Ditekan kaki sampai gempor, motor ndak bakalan hidup.

Kejadian ini ulah kampas kopling. Kalau kampas kopling sudah aus, gejala seperti itu bakal muncul. Tapi, pastinya itu bukan satu-satunya. Makanya jangan kaget kalau sudah ganti kampas, kick starter masih tetap ngelos. Pasti ada sebab lain.

Untuk jenis motor sport atau modifikasi kopling manual, bisa disebabkan setelan tidak pas. Misal setelan terlalu rapat sehingga kopling terus menekan.

Sudah pasti susah distarter. Makanya kalau setel kopling mesti cari paling ideal. Bukan cuma ngejar tuas enteng. Tapi, rasakan di gigi. Kalau susah masuk, itu belum maksimal.

Sedangkan untuk jenis bebek yang pakai kopling otomatis, gejala itu bisa disebabkan karena kopling otomatis. Kalau tiga per sentrifugal sudah lembek, bisa juga jadi penyebab. Perhatikan juga mangkok kopling otomatis. Jika tergores, juga bisa menyebabkan kopling otomatis nggak bekerja maksimal.

Dan yang perlu diingat saat pengecekan atau ganti komponen jika sudah uas (terkikis), baiknya selalu gunakan part OEM. Memang sih agak mahal, tapi kualitasnya terjamin juga lebih tahan lama pakai dan enggak sering bongkar pasang. (motorplus-online.com) 

Penulis : KR15 | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok MOTOR Plus

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top