Kamis, 23 Oktober 2014 05:36 WIB

LAST UPDATE

Tips

Rabu, 02 Januari 2013 13:31 WIB

Pasang Bearing Arm Bambu Honda Tiger, Ayunan Lebih Enak dan Awet


Lengan ayun oblak membuat handling motor tidak stabil. Sebabnya karena bushing arm yang sudah aus. Sangat terasa jika permukaan aspal tidak rata.

Seperti bushing yang terpasang pada arm Honda Tiger. Bagian bushingnya pada Tiger ori hanya dilapisi plastik. Beda seperti Yamaha V-ixion atau Scorpio. Pada kedua motor ini bushing arm lebih dikenal dengan tambahan laher bambu.

Dengan lapisan plastik pada bushing arm Tiger dirasa ayunan kurang sempurna karena mudah aus. Untuk menyiasatinya, Emin Susanto dari Hidup Baru Motor punya solusi. “Bisa aplikasi bearing bambu custom buatan Thailand,” jelas Emin.

Bearing bambu arm Tiger ini mempunyai kelebihan, bisa menghasilkan ayunan arm jadi lebih nyaman. Apalagi bagian dalamnya mempunyai alur seperti laher. Fungsinya untuk memperlancar gesekkan antara bushing dan bearingnya itu sendiri.

Sekilas memang tampak sepele. Namun, bagian bushing yang terbuat dari besi kalau masih pakai pelapis yang terbuat dari bahan plastik lebih rentan terasa seret. Apalagi bercampur dengan kotoran bekas air hujan.

Untuk kode bearingnya beda dengan Yamaha Scorpio atau V-Ixion. Bearing bambu ini memang khusus untuk Honda Tiger. “Cara pasangnya juga enggak ribet, tinggal plug and play. Dijamin ayunan lebih lentur dan lebih stabil di tikungan,” promosi Emin yang buka toko di Jl. Ciledug Raya No. 8, Petukangan, Utara, Jakarta Selatan.
Punya part ori hanya dilapisi plastik
Jadi, saat akan membeli dan memasang bearing arm bambu ini, pastikan terlebih dahulu kodenya yaitu HK 2016. Kalau kodenya bukan itu berarti bukan untuk Honda Tiger. Dan ingat bearing arm bambu ini juga bukan untuk arm custom, tapi khusus untuk swing arm standar Honda Tiger. Makanya pastikan dulu kodenya jangan sampai tertukar dengan bearing arm bambu punya motor sport Yamaha.

Harga satu setnya Rp 170 ribu. Selain itu, bushing sendiri asli Honda Tiger. Jadi, enggak perlu khawatir karena dijamin kuat. “Pakai bearing bambu ini usia pakainya juga dijamin lebih awet,” pungkas Emin yang bisa dihubungi di nomor 0817-0070-128. (motorplus-online.com) 

Penulis : Ismet | Teks Editor : KR15 | Foto : Lomo

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top