Selasa, 02 September 2014 02:36 WIB

LAST UPDATE

Teknik

Selasa, 27 November 2012 11:01 WIB

Mengenal Ragam Baut dan Sekrup Cover Bodi, Dibedakan Bentuk Ulir


Beberapa waktu yang lalu sudah membahas beda baut (bolt) dan sekrup (screw), silahkan klik di sini . Sekarang dibuktikan, maksudnya apakah benar ada dan dipakai di tunggangan. Sebagai permulaan, yuk ulas yang ada di cover bodi.

Jika dilihat dan dilacak lebih detail, antara baut dan sekrup bentuk dan cirinya ada yang berbeda dari biasa. Misal kepala sekrup tapi ulirnya macam baut. Atau baut tapi ulirnya sekrup.

“Perbedaan itu dibikin sesuai desain dan fungsinya,” ujar Handy Hariko, Senior Manager Technical Training Departement Head, PT Astra Honda Motor (AHM).

Contoh sekrup biasa. Biasanya peranti pengikat ini ada di batok lampu, cover bodi depan, samping hingga buritan bagian bawah. Rata-rata ukurannya kecil dan punya pasangan pelat pengunci sekrup yang ada di balik cover bodi. Sehingga sekrup dapat mengikat kuat di cover.

Begitu juga baut. Part ini juga ada di cover bodi motor terutama di bagian depan atas macam dudukan pelat nomor, bawah dan belakang atas cover bodi. Biasanya penggunaan baut di bagian ini untuk menghubungkan antara cover bodi dengan sasis atau dengan mesin biar lebih kuat.

Selain baut biasa juga ada baut berulir seperti sekrup. Biasanya ada di bagian belakang batok lampu, tebeng depan, cover tengah juga belakang.

“Ciri baut berulir sekrup bukan cuma kepalanya model baut, tapi di tengahnya ada lubang mata obeng plus biar gampang dibuka,” timpal Maman Sugiman alias Boim dari HMTC Depok.

Sebaliknya sekrup berulir baut. Peranti ini biasanya ada di cover tengah atas dan bentuk kepalanya ada yang membulat juga rata. Terhubung dengan rangka atau komponen di motor. Seperti sekrup berulir baut pengikat balancer setang. (motorplus-online.com) 

Penulis : KR15 | Teks Editor : KR15 | Foto : Yudi

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Modifikasi Yamaha R25 by Jiester MotoModification

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top