Sabtu, 02 Agustus 2014 16:36 WIB

LAST UPDATE

Umum

Rabu, 31 Oktober 2012 09:08 WIB

Ritual Pengecekan Motor Baru, Jangan Langsung Digas!


Saat motor baru dikirim ke rumah oleh petugas dealer, hati biasanya langsung berbunga-bunga. Mirip-mirip rasanya seperti abis ‘nembak’ gebetan dan langsung diterima. Hus ngawur he..he... Tapi, karena saking senangnya jagan lupa cek kondisi motor sebelum berkas Berita Acara Serah Terima diterima, pastikan kondisinya benar-benar ok.

Paling penting sebelum menandatangai berkas Berita Acara Serah Terima Kendaraan (BSTK) saat motor dikirim oleh petugas dealer pastikan seluruh kelengkapannya Ok. Mulai dari kelengkapan seputar motor, kunci-kunci, helm, buku servis dan manual book atau bonus dari dealer kalau ada.

Sebelum petugas dealer bergegas pulang, ada bagian lain yang harus dicermati yaitu pastikan kondisi motor sempurna. “Memang sebelum motor diantar ke pemiliknya ada prosesi didealer yang namanya Pre Delivery Inspection (PDI), semacam pengecekan kelengkapan dan kondisi kendaraan dari showroom diantar ke tangan konsumen,” sebut salah satu petugas dealer yang enggak mau disebut namanya. Tetapi namanya manusia siapa tahu ada bagian yang kelewat

Makanya pemilik motor harus teliti, ada beberapa bagian lain  jangan sampai luput dari perhatian. Seperti memastikan bodi tidak ada yang baret, kondisi sambungan breket antar bodi juga sempurna, periksa juga saklar dan lampu-lampu bekerja normal.

Setelah itu cek kalau-kalau ada kebocoran cairan. Bisa bahan bakarnya, cairan pendingin kalau motor menggunakan radiator, juga pelumasnya. Enggak boleh kelewat juga kondisi sok keduanya juga baik.

”Kalau ada yang kurang paham mengenai fiturnya jangan sungkan menanyakan langsung ke petugas dealer,"  bilang Yudi Kusuma, salah satu dedengkot Honda PCX Club Indonesia.

Lalu sebelum motor diajak berkendara seting motor anyar ini sesuai kebiasaan. Untuk motor kopling misalnya bisa setel jarak handelnya biar pas sesuai feeling atau mengatur jarak tuas rem agar benar-benar pas.

Mengatur pancaran sinar lampu utama juga enggak kalah penting lantaran berhubungan dengan safety berkendara. Kalau seluruhnya sudah, dipastikan sesuai dengan kebiasaan pengendara baru deh motor  bisa digas. (motorplus-online.com)

Penulis : Belo | Teks Editor : KR15 | Foto : Yudi

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top