Selasa, 29 Juli 2014 10:34 WIB

LAST UPDATE

Bisnis

Senin, 10 September 2012 12:16 WIB

Penjualan Sepeda Motor Agustus Ada di Titik Terendah


Data distribusi penjualan sepeda motor yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) di bulan Agustus mencapai pada titik terendah di tahun 2012 ini. Di bulan kedelapan ini hanya 433.529 unit sepeda motor terjual, atau turun 25,98 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Penurunan ini masih ada hubungannya dengan libur panjang selama hari raya Idul Fitri di bulan Agustus lalu. "Hal ini lebih karena hari kerja yang terpotong oleh libur lebaran. Kurang lebih satu minggu sampai 10 hari kerja," buka Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division, PT Astra Honda Motor (AHM).

"Hal ini bukan hanya pada produksi tapi juga berdampak pada aktifitas jaringan juga aktifitas konsumen," jelas pria ramah ini. Hal ini pun terjadi pada semua pabrikan. Semua merek yang tergabung di AISI menunjukan penurunan aktifitas pengiriman sepeda motornya pada konsumen.

Hingga bulan Agustus 2012 ini, total penjualan sepeda motor nasional hanya mencapai 4.762.171 unit. Market share penjualan Honda masih paling tinggi, ada di 56,91 persen. Sedang di posisi kedua ada Yamaha dengan 34,39 persen. Disusul Suzuki, Kawasaki dan TVS dengan 6,63 persen, 1,82 persen dan 0,25 persen.

Kedepannya, masalah yang akan kembali mendera pasar sepeda motor nasional adalah turunnya harga komoditi di tanah air. Penjualan kelapa sawit, batubara, karet dan berbagai komoditi lainnya, harganya di pasar ekspor mulai terpuruk. "Komoditi mulai drop pada bulan September, tentunya akan mempengaruhi pasar sampai akhir tahun," prediksi Thomas.

Belum lagi aturan DP pembiayaan pembelian sepeda motor Syariah yang kabarnya akan diatur lebih tinggi, tentunya hal ini juga akan membuat penjualan sepeda motor makin berat. (motorplus-online.com)

Penulis : Popo | Teks Editor : KR15 | Foto : Ilustrasi

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top