Jumat, 31 Oktober 2014 15:17 WIB

LAST UPDATE

Tips

Senin, 25 Juni 2012 10:10 WIB

Kuras Tangki, Usir Kotoran Yang Bikin Kotor Karbu


 Bersihkan dengan sikat kawat kecil
Motor sport bahkan Vespa, punya kelemahan di bagian tangki. Posisi tutup tangki yang lebih terbuka, bisa saja membuat debu “betah” di sekitar tutup tangki itu. Malah, jika karet atau sil tutup tangki mulai aus, bisa saja kotoran itu ikut masuk ke dalam tangki seiring air yang membawanya. Misal, ketika proses pencucian atau kehujanan.

Mumpung lagi liburan, ada baiknya brother perhatikan wadah bahan bakar itu! Jangan keasyikan nonton Piala Euro tuh! He.. he.. he... Karena jika dibiarkan, lama debunya semakin tebal.

“Jika debunya tebal, kucuran bensin enggak lancar. Karbunya jadi kotor dan motor jadi gampang ngadat,” buka Rachmad Sirod, mekanik Vespa yang berada di Jl. H. Nawi, No. 3, Gandaria Utara, Jakarta Selatan.

Cara membersihkannya pun mudah! Tinggal buka baut dudukan tangki dan angkat dari sasis. Setelah diangkat, kuras bensinnya. “Biar gak mubazir, simpan bensin di dalam botol transparan. Jadi, kalau bensin itu kotor, maka akan kelihatan mengendap di bawah. Yang bersih, bisa dipakai lagi,” kata Bang Irod, sapaan Rachmad.

Setelah bensin dikeluarkan, buka dudukan keran bensin yang ada pada bagian bawah tangki. Lalu, bersihkan tangki dengan kawat atau sikat kecil. Kemudian, bilas pakai air sampai debu yang ada di dalam tangki keluar.

Usai membersihkan, keringkan tangki menggunakan lap bersih. Buat bagian dalam, gunakan obeng panjang yang ujungnya dibalut lap bersih dan kering. Sehingga bagian sela-sela tangki yang sulit terjangkau tangan, bisa dibersihkan juga. Selamat Mencoba.  (motorplus-online.com)  

Penulis : Hanggi | Teks Editor : KR15 | Foto : Lomo

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top