Jumat, 19 September 2014 01:42 WIB

LAST UPDATE

Tematis

Senin, 25 Juni 2012 08:47 WIB

Mengenal Ukuran Toolkit, Antara Milimeter dan Inci


 Satuan British dan Satuan International
Toolkit dibutuhkan buat mereka yang gemar 'membengkel'. Karena untuk menyalurkan hobinya itu, dibutuhkan alat-alat yang bisa mendukung proses kerja. Maka itu, MOTOR Plus coba hadirkan beberapa toolkit yang bisa menjadi lirikan bagi sobat yang memang punya hobi 'ngebengkel'.

Di toolkit tertera tulisan dalam satuan inci dan milimeter. Satuan ini banyak digunakan untuk kunci-kunci. Lambang yang digunakan ukuran milimeter adalah (mm), sedangkan inci yaitu (“).

Biar lebih paham, coba bahas tentang satuan inci lebih dahulu. Ukuran inci berasal dari Ingris, dulu inci diukur atau sama dengan lebar jempol pria dewasa. Tapi, belum mengukuhkan ukuran inci yang sebenarnya. Karena lebar jempol orang dewasa pasti akan berbeda seiring postur tubuh.

Di abad 14, Raja Edward ke-2 tentukan 1 inci = 3 butir gandum jenis Barley yang mirip butiran nasi coklat India. Ukurannya antara 0,0242 mm dan 0,0301 mm. Semakin majunya teknologi, ditentukan 1 inci = 0,0254 mm. Itulah ukuran standar inci pada tahun 1959-1960.

Sedang milimeter, perpanjangan satuan meter. Konfrensi The International Committee for Weights and Measures (CIFM), menganggap meter menjadi satuan yang tepat. Dengan demikian CIFM mengukuhkan meter untuk ukuran  panjang. Untuk m dan mm termasuk ke dalam satuan internasional (SI). Jadi, toolkit Eropa menggunakan satuan inci, sedangkan Asia lebih banyak menggunakan satuan mm. Lalu, sama enggak ya ukuran inci dan mm di toolkit?

“Ukuran 3/8 inci kunci pas sama seperti kunci pas ukuran 10 mm, secara awan bisa saja dipakai tapi kalo secara profesionalitas ya tentu saja tidak,” jelas Dony Djaja, sales manager Bullock. Hitungannya 1 inci = 2,54 cm = 0,0254 mm. Jadi, kalo kunci 3/8 inci = 0,95 cm = 9,5 mm. Wah, kalau gitu masih ada selisih 0,5 mm dong. Baiknya cari sesuai ukuran ya.  (motorplus-online.com)  

Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Yudi

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Modifikasi Yamaha R25 by Jiester MotoModification

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top