Rabu, 22 Oktober 2014 20:12 WIB

LAST UPDATE

Modifikasi

Selasa, 12 Juni 2012 10:40 WIB

Kawasaki KLX 150S, Pakai Mesin New Mega Pro


Melihat Kawasaki KLX 150S ini, Em-Plus jadi teringat film Digimon semasa kecil. Tapi, sebelum cerita soal motor, sedikit ulas soal Digimon dulu ya. Biar sobat enggak bingung. Digimon yang singkatan dari Digital Monster ini, film anak yang bercerita tentang melatih monster peliharaan untuk dijadikan sahabat. Dan, mahluk cerdas buatan ini harus dilatih sampai dewasa.

Tapi, buat mendapatkan kekuatan yang tidak terkalahkan, Trainer (pemilik Digimon) harus mencari teman agar monster peliharannya bisa berubah jogres. Jogres sendiri, artinya mengabungan dua Digimon jadi satu.

Tak ubahnya Digimon, konsep jogres diaplikasi KLX 150 milik Dody Gunawan ini. Liat aja di sektor mesin! Enggak tanggung-tanggung, mesin Honda New Mega Pro diajak jogres dengan sasis KLX.

"Pikiran buat ngegabungin dua motor ini timbul setelah KLX dipakai beberapa kali main adventure. Pasti pulangnya harus ganti kampas kopling. Jadi, ketimbang pusing, akhirnya dua motor jadi satu. Kebetulan New Mega Pro nganggur di rumah dan katanya komponen koplingnya cukup tangguh,” jelas pria punya extra ordinary di urusan badan ini.

Tentunya, proses jogres kedua motor ini enggak mudah! Di film Digimon aja harus melakukan latihan dulu biar gabungan bisa berhasil, sehingga kekuatan monster tiada tanding.

“Sebenarnya dimensi dan dudukan mesin New Mega Pro 2012 enggak jauh beda sama KLX 150. Jadi, tinggal penyesuaian di beberapa bagian aja,” kata Akhmad Hanafi sang mekanik.

Buat taruh engine ke sasis, Akhmad membuat dudukan engine baru dari pelat besi tebal 3 mm. Braket ini dipakai buat dudukan engine bagian depan. Bentuknya mirip huruf C yang disesuaikan lekuk engine New Megapro. Begitu juga engine mounting bagian atas.

Sedangkan untuk dudukan buat engine belakang, crankcase New Megapro harus rela digerus gerinda sekitar 1 mm. “Karena letaknya mepet banget dengan sasis KLX. Ketimbang gerinda sasis KLX, takutnya malah pegangannya nanti enggak kuat,” papar mekanik yang nengok di panggil Nana Sabud.

Mesin sekarang sudah New Megapro! Tapi, biar jogres tambah sempurna. Dogun, sapaan akrab yang punya motor, pilih kaki-kaki dari Special Engine buat diaplikasi ke KLX. “Cari sok yang nyaman diajak adventure dan aman kalo dipake pas kompetisi,” alasannya.

Upside down, pilih kepunyaan Kawasaki KX 250. Sedangkan, bagian belakang dari Honda CRF 250. “Dipilih copotan dari kedua motor itu, karena dirasa paling nyaman dipake yang punya motor,” bilang Nana Sabud yang buka bengkel Sunda Motor di Jl. Labuan, Km. 5, Cipayung, Pandeglang, Banten. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Swing arm: Yamaha YZ 250
Sepatbor : Honda CRF 250
Ban depan: IRC Enduro 80/100-21
Ban belakang: Maxxis 100/100-18
Sunda Motor: 0878-71414779

Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Panji

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top