Sabtu, 01 November 2014 18:32 WIB

LAST UPDATE

ATPM

Kamis, 07 Juni 2012 10:28 WIB

Tes Pulsar Bajaj 200NS di Indonesia Butuh Waktu 12 Minggu


Spy shoot Bajaj Pulsar 200NS di Indonesia sudah banyak beredar di dunia maya. Tentunya jadi mudah ditemui dan banyak yang tertangkap kamera karena Bajaj memang sedang melakukan tes jalan di dua kota, Jakarta dan Pekanbaru.

Pengetesan ini memakan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan oleh prinsipal Bajaj di India. "Rencananya 12 minggu, sampai saat ini baru berjalan sekitar 5 minggu," beber Rizal Tandju, Event & PR Manager PT Bajaj Auto Indonesia (BAI).

"Kami sengaja memilih empat tester dengan kondisi karakter berkendara dan jalur yang berbeda-beda," jelasnya ketika dihubungi via telepon (6/6). Ada tester yang selalu jalan jauh, sehari bisa 60 sampai 70 kilometer.

Ada juga tester yang selalu melalui jalur macet seperti di Jakarta. Lalu tester dengan kondisi jalan naik turun dan tester yang selalu berkendara dalam kondisi jalanan lengang juga dilibatkan.

"Semua input dari mereka langsung disampaikan ke Bajaj Auto Ltd. PT BAI malah tidak terlalu banyak ikut campur dalam pengetesan ini," beber Rizal Tandju pada motor yang memiliki mesin dan desan baru ini.

Karena masih dalam tahap pengetesan, Pulsar 200NS pun belum ada rencana untuk ditampilkan di area Pekan Raya Jakarta (PRJ). "Belum ada rencana. Info dari mana itu," kata Rizal yang malah bertanya balik sambil tertawa.

Bajaj Pulsar 200NS memiliki desain dan mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm.

Mesin yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder berpendingin air. Jadi sudah dilengkapi dengan radiator, cirinya di blok silindernya sudah tidak ada lagi sirip pendingin.

Tapi konstruksi kepala silindernya masih SOHC, sedang KTM Duke 200 sudah DOHC. Meski SOHC, punya empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.

Suplai bahan bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih hemat.

Bajaj mengklam motor ini memiliki max speed hingga 136 Km/jam. Sedang untuk akselerasi dari diam hingga 60 km/jam hanya butuh waktu 3,61 detik. Dan akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam 9,83 detik. (motorplus-online.com)  


Penulis : Popo | Teks Editor : KR15 | Foto : Aant

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top