Jumat, 25 Juli 2014 01:43 WIB

LAST UPDATE

Teknik

Minggu, 06 Mei 2012 13:49 WIB

Pilihan Kopling Set Manual Yamaha New Jupiter Z TDR

Kiri untuk racing, lebih lengkap
TDR, merek yang dipegang PT Mitra Lestari Motorindo (MLM) atau Mitra2000, sudah meluncurkan kopling set manual untuk Yamaha New Jupiter-Z. Kopling manual TDR ini dibikin dua versi. Tipe pertama kopling manual untuk harian dan satunya untuk jenis racing.

“Enggak semua mau merombak total kopling aslinya, terutama pengguna harian. Makanya dibikin versi harian,” ujar Benny Rachmawan, Product Development Manager MLM, Jakarta.

Sebenarnya Mitra2000 sudah memperkenalkan kopling manual untuk New Jupiter-Z sejak 2 tahun lalu. Riset bertahap dibikin dengan tahap awal mengecek dimensi rumah kopling. Waktu itu pengembangan kopling manual untuk New Jupiter-Z dikhususkan versi kompetisi.

Mekanisme kopling matahari atau diafragma di New Jupiter-Z dianggap kurang mencakar. Maksudnya kurang menggigit. Kalau di racing full kompetisi, rumah kopling juga diganti. Berbeda dengan harian, cukup ganti tutup girboks dan lepas sentrifugal.

Di lapangan ada beberapa tim yang mencoba kreasi sendiri. Ada dua tim yang menjajal langsung New Jupiter-Z di road race dengan ubahan kopling manual. Seperti tim Yamaha Scorpii, Medan dan Yamaha Makassar.

Mekanik kedua tim itu mengadopsi beberapa komponen alias kanibalisasi dari part motor lain. Seperti rumah kopling dari Jupiter MX 135LC dikombanisasi dengan pressure platnya dari Honda Astrea Grand.

Nah, keluarnya kopling manual New Jupiter-Z produksi TDR menjawab kesulitan yang dialami beberapa mekanik. Enaknya, kopling manual set TDR untuk New Jupiter-Z sudah enggak lagi bikin galau saat pemasangan. Bengkel kecil bisa memasangnya. Pokoknya bikin pembeli sesuatu banget deh. Bahkan, ini dipermudah dengan melengkapi semua kebutuhan New Jupiter-Z jadi kopling manual.

Dengan banderol Rp 650 ribu, manual clutch New Jupiter-Z sudah disiapkan handel, kabel, bak kopling, stut kopling, tuas, sampai gasket. Coba bandingin seandainya beli satu-satu, pasti jadi jauh lebih mahal. “Enggak bisa beli satuan. Harus seset,” ujar Benny yang berkantor di kawasan Lodan Raya, Jakarta Utara.

Versi kopling harian juga disiapkan stut kopling atau long rood push ada dua jenis. “Perbedaanya yang satu lebih panjang 2 mm. Yang lebih panjang, lebih responsif kerja koplingnya,” urai Benny yang asli Bandung.

MOTOR Plus sedikit menjajal New Jupiter-Z yang sudah dipasang versi kopling manual untuk harian merek TDR. Waktu handel clutch ditekan empuk. “Kalau dibikin keras, tangan bisa pegel kalau pas macet,” urai Benny.

Versi yang racing sudah enggak lagi mengandalkan komponen aslinya transmisi New Jupiter-Z. Tapi, pemasangan kopling manual TDR yang jenis kompetisi pun enggak perlu repot. Semua komponen pendukungnya sudah lengkap. Bukan cuma handel kopling sampai gasket, tapi pelat-kampas kopling, rumah, per dan pressure clutch sudah dalam satu paket pembelian.

Harga banderol manual clutch racing Rp 1,5 juta. Tuh dia lagi-lagi silakan hitung sendiri deh seandainya beli satu persatu tentunya bisa lebih mahal lagi. “Tinggal dipantek gigi primernya. Selain itu, enggak ada lagi yang butuh ubahan. Tinggal pasang,” timpal Benny.

Tapi, penggunaan kopling manual versi balap bisa dibikin banci seperti Yamaha F1Z-R. Masuk gigi enggak perlu tekan handel kopling. “Kalau dilepas bos (bushing clutch, red) di rumah kopling jadi kopling manual banci. Kalau dipasang bos, full kopling manual,” tutup Benny.

Jadi, tuh siapa pun yang pingin mengubah kopling New Jupiter-Z jadi manual clutch sudah gampang. (motorplus-online.com) 

Penulis : Niko | Teks Editor : KR15 | Foto : Istimewa

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top