Jumat, 25 April 2014 15:33 WIB

LAST UPDATE

Bisnis

Jumat, 30 September 2011 13:46 WIB

Motor Roda Tiga Pilihan Pas Buat Usaha


 Tapi, butuh latihan sebelum ngegas
Moroti atau motor roda tiga yang dilengkapi bak jadi pilihan pas buat usaha. Jarak tempuh  pendek untuk mengangkut barang dagangan enggak perlu lagi mobil pikap. Perbandingan harga antara roda tiga dan mobil pikap kayak langit dan bumi. Roda tiga tahun terbaru mentok di angka Rp 20 jutaan. Sedangkan mobil pikap, tahun terbaru seken bisa lebih Rp 60 juta.  

Kelebihan moroti juga lebih aman mengangkut barang yang jumlahnya tidak begitu banyak. Bodi kecil gampang keluar- masuk jalan kecil. "Lagian aman. Apalagi teknologi roda tiga sekarang dilengkapi suspensi seperti mobil bikin barang aman," kata Adrian Umbaran, Presdir PT. Vivamas Qingqi Indonesia (VQI), Jakarta. Lebih dari 5 tahun dan sampai sekarang Qingqi jual roda tiga Samson 150 dengan harga Rp 16 juta dan Rp 18,5 juta.   

Selain kapasitas bawaannya, penggunaan bahan bakar enggak berbeda jauh dari roda dua. Artinya, silakan bandingkan langsung soal pengeluaran bahan bakar pasti roda tiga cukup menghemat dibandingkan roda empat.    

"Komponennya mayoritas seharga motor. Paling masalah kaki-kaki dan gigi penggeraknya yang mirip mobil pikap," timpal A.Z Dalie, GM Marketing Triangle Motorindo (TM), Sunter, Jakarta Utara.

Beberapa pilihan merek roda tiga yang beredar di pasaran. Kaisar Triseda, Viar Karya, Qingqi Samson, dan  Montrada 150.  "Masyarakat melihat dari kekuatan gardan. Maksimal untuk mesin kapasitas 150cc, kekuatan gardan 500 kg. Jadi mampu ngangkut 500 kg," terang Edi Setiawan, Marketing PT Majubersama Surya Indah Motor (MSIM), Jl. Kamal Muara IX, No. 5, Penjaringan, Jakarta Utara.

MSIM sanggup menjual roda tiganya tiap bulan mencapai 300 unit untuk wilayah Jabodetabek. Ini hitungan per merek dan itu pun cuma wilayah Jabodetabek. Pastinya kalau digabungkan dengan merek lain bisa ribuan unit per bulan roda tiga tersebar di Indonesia. 

Mungkin saatnya pengusaha memilih roda tiga sebagai alat angkut utama.  Pada kondisi jalan tertentu, juga cuma roda tiga yang bisa menjawab. Murah, hemat, dan lumayan banyak barang bisa diangkut sekaligus.   (motorplus-online.com)

Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Adib

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Sang legenda Vespa Primavera hadir di Indonesia

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top