Senin, 22 Desember 2014 21:13 WIB

LAST UPDATE

Tips

Selasa, 23 Agustus 2011 09:20 WIB

Ganti Kem dan Pelatuk Roller Harus Satu Set!

 
 Dijual satu set dan boleh ketengan untuk Mio, Vega dan Jupiter
Beberapa merek sudah meluncurkan pelatuk model roller seperti milik Honda Blade atau BeAT. Katanya bisa juga dipasang pada Yamaha Mio atau Jupiter, namun tidak dilengkapi kem khusus. Bisa tidak klop.

Itu yang membuat produsen CLD memproduksi rocker arm roller berikut kem. “Karena pelatuk roller harus ditunjang kem khusus seperti di Honda Blade atau BeAT,” jelas Dodo, bos CLD yang bermarkas di Ciledug, Tangerang itu.

Kem yang dibuat oleh CLD ini bentuknya membulat, tidak ada profil yang tajam.  Bulatannya seperti di Honda Blade atau BeAT. “Sesuai dengan karakter pelatuk roller,” jelas Dodo penuh semangat.

Masih kata Dodo, kem ini sudah layak sekali untuk balap. Punya durasi yang lumayan bagus. “Klep isap 264 derajat dan klep buang 262 derajat,” sebut Dodo yang  sudah menguji langsung di event MOTOR Plus Indonesian Super Matic Race.


Lift aman untuk motor standar
Soal maju atau mundur masih bisa fleksibel. Tinggal atur dari adaptor kem dan diukur dial serta busur. Namun bagi yang tidak mau repot juga bisa langsung pakai. Langsung geber deh!

Paket kem dan rocker arm ini dijual memang untuk motor harian. “Makanya durasi dan lift tidak terlalu extrem,” ulas Dodo yang sudah coba diynotest.

Misalnya kem isap, tinggi bubungan 26 mm, sedangkan pinggangnya 21 mm. Selisihnya 5 mm, tinggi lift sebenarnya tinggal dikalikan 1,3. Jadinya tinggi lift klep isap 5 x 1,3 = 6,5 mm.

Kondisi seperti itu sangat aman sekali untuk motor harian yang perlu durability lama. Termasuk klep buang, liftnya hampir sama. Tidak terlalu tinggi.

Namun bukan berarti kem CLD ini tidak bisa untuk balap. Tentu sangat bisa sekali. Mekanik yang mengembangkan. Tinggal gerus pantatnya agar lift lebih tinggi. Durasinya sudah lamayan.

Benjolan kem membulat seperti di Blade atau BeAT
Dari hitungan lift pasti timbul pertanyaan. Kenapa harus dikalikan 1,3. Itu karena model pelatuk semua tipe Yamaha macam Mio, Nouvo, Jupiter dan Vega sama ukurannya.  Artinya lengan pelatuk yang menyentuh klep lebih panjang 1,3 kali dari lengan yang menyentuh kem.   

Paling penting lagi, Dodo juga berani mengklaim kalau rocker arm CLD ini meski mahal namun dijamin kuat. Jelas bukan sekadar ngecap, soalnya bearing yang dijadikan roller asli buatan Jepang. Wajar jika harganya mahal.

Gitu, lo!   (motorplus-online.com)

Penulis : Aong | Foto : Uki

Berita Performance Lainnya

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top