Kamis, 17 April 2014 14:02 WIB

LAST UPDATE

Tips

Senin, 22 Agustus 2011 10:22 WIB

Yuk, Pindah Dudukan Pelat Nomor Yamaha Byson


Posisi pelat nomer pas di bawah head lamp
Tampilan Yamaha Byson sediki terganggu lantaran posisi dudukan plat nomor nempel di atas head lamp. Ini yang bikin banyak pemilik Byson berkeluh-kesah  “Posisinya terlalu maksa bikin tampilan dan estetika motor dari bagian depan terganggu, padahal Byson punya lampu depan bagus,” tunjuk Erick dari bengkel Pit Bike di bilangan Kembang Kerep, Meruya, Jakarta Barat.

Makanya biar tampilan sedap dipandang solusinya dudukan pelat nomor harus pindah posisi alias pindah tempat. “Paling pas pindahkan posisi  pelat nomor depan ke bagian bawah lampu depan. Meskipun pindah posisi tetap bagian pelat nomor masih bisa dilihat dari depan,” ujar Erick sang pemilik bengkel yang kerap melayani pemasangan dudukan variasi pelat nomor depan Byson ini.

Harga dudukan pelat nomor ini bervariasi. Mulai dari Rp 35 ribu – Rp 40 ribuan. “Pilih diameter besi yang kokoh dan las-lasan rapi biar enggak gampang patah,” wanti  Erick yang mengatakan banyak dudukan pelat nomor berkualitas jelek juga beredar di pasaran. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

Kalau mau lebih puas sebetulnya pemilik Byson bisa bikin dudukan pelat nomor depan sendiri. Tinggal minta  bantuan tukang las untuk pengerjaannya, berikut bahan yang akan dipakai. Manfaatkan dua batang besi behel bekas sebagai penopang, sedangkan untuk dudukan pelat nomor bagian bawaahnya bisa manfaatkan pelat strip tipis. "Kemudian dilas berbentuk huruf U," sebut Erick lagi.

Kelar dilas jangan lupa rapikan kembali bekas las-lasan yang ditinggalkan, Caranya bisa pakai bantuan gerinda tangan. Biar lebih manis seluruh dudukan pelat nomor tadi memang perlu dicat. Bisa menggunakan cat semprot kaleng yang dipastikan bakal lebih lekas kering.  


Dudukan ini bisa di buat sendiri
Sekarang tinggal proses pemasangannya ke bagian segitiga bawah. Pengerjaannya mudah kok. Buka saja dua buah baut pengikat sokbreker depan menggunakan kunci T 14. Setelah lepas, pasang kembali dudukan pelat nomor tadi. Setelah dudukan sudah dipasang, kencangkan kembali baut pengikat sokbreker depan tadi.

Setelah dudukan pelat nomor sudah dipasang, lepas dahulu dudukan pelat nomor bawaan motor yang masih dipasang di atas headlamp. Caranya cukup pakai kunci ring 8 dengan mencopot dua baut, lalu pasang pelat ke dudukan baru.

Oh ya, masih banyak yang belum ngeh cara melepas dudukan pelat nomor asli yang menempel di Byson ini. Jadi jangan sampai salah kaprah ya..! Seperti ada yang sampai melepas lampu hanya untuk melepas braket asli. Malah ada juga yang memotong pakai gergaji besi segala. Padahal caranya tinggal lepas dua baut itu saja. Enggak rumit kan..!      (motorplus-online.com)

Penulis : Belo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Adib

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Sang legenda Vespa Primavera hadir di Indonesia

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top