Selasa, 29 Juli 2014 10:34 WIB

LAST UPDATE

Teknik

Selasa, 02 Agustus 2011 12:46 WIB

Knalpot Dua Suara Ala Produsen Knalpot Aftermarket


Satu knalpot dengan dua suara sudah lebih dulu dikenalkan di Indonesia oleh PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI) lewat TVS Tormax 150. Tapi bukan cuma ATPM, pabrikan knalpot after market pun mulai menawarkan fitur yang sama.

Mulai dari produsen knalpot Akrapovic. Berbekal fitur yang diberi nama "Akrapovic Open System", pabrikan knalpot asal Slovenia ini menciptakan pipa buang khusus Harley Davidson dengan dua suara.

"Ada katup di dalamnya yang bisa merubah suaranya. Bisa dipilih seperti suara knalpot standar atau yang lebih menggelegar," ungkap Ziga Tomc dari Sales Departement Akrapovic, ketika ditemui motorplus-online di sela kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Mekanisme dan cara kerja fitur Akrapovic Open System sama seperti knalpot TVS Tormax 150. Untuk mengganti suara, telah disediakan tuas yang berfungsi membuka tutup katup.

Ketika ditanya kapan knalpot Akrapovic Open System ini dipasarkan di Indonesia, Ziga hanya memastikan tidak akan lama lagi. Pembeliannya bisa dilakukan melalui Probike, distributor resmi Akrapovic di tanah air.


Sedang inovasi yang sama tapi sedikit berbeda juga dilakukan oleh produsen knalpot lokal Nobi. Knalpot Nobi 3BOLD Series yang dipasarkannya punya fitur DB Killer. Fungsinya sama, pengguna knalpot ini bisa memilih suara keras atau halus.

Tapi caranya bukan dengan menambahkan katup di dalam silencer knalpot, Nobi justru menambahkan peredam di moncong knalpot yang bisa dengan mudah di bongkar pasang.

Bentuknya seperti potongan pipa kecil sebagai penyekat. Cara pasangnya tinggal masukan ke moncong knalpot, lalu dikunci dengan sebuah kawat pengikat untuk memastikan peredam ini tetap berada pada tempatnya.

"Peredam suara ini tersedia khusus 3BOLD Series untuk semua tipe motor kecuali Kawasaki Ninja 250R dan KLX. Bila dipasang suaranya jadi lebih halus, tapi tenaganya juga pasti tidak sebesar waktu di lepas," jelas Rionapon, marketing Nobi Racing Muffler.

Soal harga juga tetap terjangkau. Bebek dan skubek dijual Rp 290-300 ibuan, sedang motor sport dilepas Rp 425 ribuan. Dan khusus Ninja 250R dijual Rp 1,1 jutaan.  (motorplus-online.com)

Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Akrapovic, Aant

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top