Selasa, 02 September 2014 09:54 WIB

LAST UPDATE

Tips

Jumat, 17 Juni 2011 08:52 WIB

Rantai Keteng Vario, Paling Mudah Dilepas!


 Dicungkil lewat lubang sil kruk as sebelah kiri
Skubek punya mesin kompak, namun punya kelemahan. Waktu mau ganti rantai keteng atau kamprat justru harus belah crankcase. Repot deh.

“Dari semua skubek, Honda Vario paling mudah lepas keteng, tanpa bongkar crankcase. Sebab lubang di kruk as sebelah kiri yang ada silnya lumayan besar. Cuma tetap mesti sabar,” ucap Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur HMTC.

Agar leluasa, rantai keteng lebih dulu dikendurkan dengan melepas gir timing, head, tensioner juga 2 bilah penegang. Dilanjut melepas puli primer-skunder agar sil kruk-as terkunci dengan ring clip dapat dilepas mudah.

Setelah lubang lengan kruk as longgar atau tidak ada sil lagi, langkah berikut rantai keteng dikeluarkan perlahan. Biar tidak sulit mencungkil rantai keluar dari gir kecil di kruk as, saran Boim agar dibantu pakai obeng min kecil juga tang lancip.

Begitu keluar dari lubang dudukan sil, tarik secara berurut hingga rantai keteng keluar dari rumahnya juga poros kruk-as yang menjulur keluar. Baru kemudian rantai timing model silent chain diganti pakai yang model fresh.

“Cara pasangnya juga tidak susah. Biar langsung tertarik ke atas (head), sebaiknya menggunakan tali atau kawat yang diikatkan ke rantai terlebih dahulu. Terus lewatkan tali ke lubang sil hingga ke lubang ranti yang ada di blok, sambil mengarahkan rantai ke gir kruk-as,” lanjut pria yang tugas di HMTC Depok, Jl. Tole Iskandar, No. 94, Depok.

Silakan pasang kembali semua kompoen yang dilepas sebelumnya, termasuk tensioner. Beres deh.     (motorplus-online.com)

Penulis : KR15 | Teks Editor : Nurfil | Foto : GT

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Modifikasi Yamaha R25 by Jiester MotoModification

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top