Rabu, 20 Agustus 2014 14:49 WIB

LAST UPDATE

Tips

Sabtu, 05 Maret 2011 17:46 WIB

Custom Lengan Ayun


Urusan
modifikasi kaki-kaki lebih kekar buat tunggangan sangat berhubungan dengan ubahan lengan ayun. Ini lantaran arm standar pabrikan dimensinya terbatas. Ketika menggunakan pelek variasi  yang lebar dengan ban gambot langsung mentok.

Seperti lengan ayun Honda Tiger atau Yamaha Scorpio. Hanya mampu menampung ukuran lebar ban 120–130 saja. “Kalau dipaksakan, ban terlalu mepet jaraknya dengan lengan ayun,” jelas Yoes Santoso, mekanik dari bengkel Insan Motor di Jati Asih, Bekasi.

Untuk ganti lengan ayun lebar ini ada bergagai pilihan, mau lengan ayun custom atau produk variasi.  Lengan ayun custom yang mengandalkan arm asli biasanya ditawarkan oleh builder dari bengkel modifikasi. Jadi, ubahan lengan ayun ini diambil dari arm bawaan motor kemudian dicustom ulang.

Keunggulan lengan ayun custom ini menawarkan berbagai model yang bervariasi. “Model lengan ayun kami bisa bentuk dengan desain seperti moge macam Yamaha R1, Honda CBR 1000 atau yang lainnya, tinggal bawa contoh gambar,” jelas Wardoyo dari bengkel G2C yang biasa mengerjakan lengan ayun kondom dari pelat besi.

Namun biasanya butuh waktu beberapa hari untuk pengerjaan lengan ayun custom model kondom ini. “Enggak lama kok, pengerjaan arm ini memakan waktu empat hari dan sudah termasuk pengecatan,” promosi builder yang menawarkan lengan ayun ini Rp 1,3 jutaan.

Kalau segan menunggu proses pengerjaan, penyuka modifikasi bisa pilih lengan ayun produk aftermarket lokal yang sudah bersifat plug and play. Salah satunya lengan ayun bikinan Kumis, pemilik work shop Lampung Jaya Mandiri ini menjual beragam lengan ayun untuk motor sport atau batangan.

Malah Kumis baru saja baru saja merilis lengan ayun aftermarket buat Yamaha Byson. Arm ini bisa dipakai ban lebar sampai ukuran 150. “Pokoknya tinggal pasang dan untuk pemilihan monosok bisa langsung pakai standar Byson,” lanjut pria yang menjual arm Byson itu di kisaran harga Rp 500 ribuan.

 Arm kondom Custom (kiri). Khusus buat KLX 150 (kanan).
Adventure Atau Supermoto
Banyak pemilik Kawasaki KLX 150 yang ingin mengganti ukuran roda lebih besar. Ya, layaknya Suzuki TS (depan 21 inci untuk depan dan ring 18 inci). Jadi, pemilik KLX 150 enggak usah repot lagi modifikasi dengan manjangin arm standar.

“Kami sudah menyediakan berbagai pilihan arm panjang untuk KLX 150. Semuanya bisa dipasang  pasang dengan ban belakang trail ring 18 inci. Ubahan supermoto dengan pelek lebar juga bisa diaplikasi,” jelas Roby pemilik bengkel adventure berjuluk Roby Steam yang menawarkan harga mulai Rp 600–750 ribuan.  (motorplus-online.com)

Penulis : Belo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Adib

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Modifikasi Yamaha R25 by Jiester MotoModification

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top