Rabu, 26 November 2014 21:53 WIB

LAST UPDATE

Test

Selasa, 01 Februari 2011 07:29 WIB

Komparasi Pewangi Helm, Antara Foan Dan Water Base


Jakarta - Perawatan helm bukan hanya bagian luar saja Bray, bagian dalam pun penting demi kenyamanan saat berkendara. Walau di Jakarta sudah banyak bermunculan jasa cuci helm, tapi hal itu masih kurang praktis, karena proses pencucian yang lumayan lama. Cara yang paling simpel tentu pakai pewangi atau pengusir bau pada busa helm yang disebut helmet spray (HS).

 Dengan HS sangat mudah, tinggal disemprotkan ke dalam helm, didiamkan sebentar, pasti baunya  akan hilang. Tapi, sebaiknya hati-hati saat memilih HS, karena cairan itu mengandung bahan dasar kimia.

“Yang namanya kimia gak selalu bersahabat sama kulit kepala dan muka. Jadi sebaiknya pemakaian HS jangan terlalu sering, cukup sebulan sekali,” anjur Agus Hermawan, penggawang web store helm terlengkap Indonesia; www.juraganhelm.com.

Lebih jauh dijelaskan, “Kalau terlalu sering disemprotkan, kepala rider bisa jadi berketombe bahkan infeksi pada kulit kepala, sifat cairan HS tentu tak boleh mengendap dan mengandung gas. Dengan kata lain, cairan HS harus cepat menguap dan tidak menyisakan cairan sedikitpun,” ujar Erwin, Product Head dari Be Clean.

Di pasaran ada beberapa merek seperti Be Clean, MTR, Carrera, Adler, dan Magnum, untuk label Be Clean terdapat dua pilihan aroma. Nah, untuk mengetahui seberapa cepat cairan pewangi helm ini menguap, dengan cara disemprotkan ke kertas dengan jarak 10 cm dan diangin-anginkan, maka akan diketahui lebih cepat mana pewangi ini tidak mengendap. Alat hitungnya, digunakan stopwatch.


Jarak Aman 10 sampai 15 cm saat menyemprotkan pewangi helm ke dalam helm (kiri). Pengetesan pada kertas juga sama jaraknya dari botol ke medianya (kanan).

Hasil Pengetesan

Label Magnum terbilang paling cepat menguap, hanya butuh waktu 30 detik, Be Clean butuh waktu penguapan 1 menit 26 detik di posisi dua. Urutan ketiga Adler 2 menit 38 detik dan Carrera keempat memakan waktu 3 menit 37 detik, sedang MTR terakhir 4 menit 52 detik. “Memang perlu waktu agak lama untuk bisa menguap. Itu dikarenakan cairan yang disemprotkan berupa busa atau foam. Berbeda dengan produk lain yang lebih dominan dengan berbahan dasar alkohol atau water base,” ucapnya. (motor.otomotifnet.com)

 Hasil Test   
 Merek  Harga  KeadaanLembab   Keadaan Kering
 Magnum  Rp 15-16 ribu  15 detik  30 detik
 Be Clean  Rp 10-12 ribu  3 detik  1,26 menit
 Adler  Rp 10-12 ribu  1,45 menit  2,38 menit
 Carrera  Rp 10-12 ribu  1,27 menit  3,37 menit
 MTR  Rp 15-16 ribu  2,21 menit  4,52 menit


Penulis : Pidav | Foto : Pidav

Berita Komparasi Produk Lainnya

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top