Sabtu, 19 April 2014 11:53 WIB

LAST UPDATE

Tips

Senin, 16 Agustus 2010 16:04 WIB

Nih, Langkah Service Injeksi Vixion Dari Yamaha

OTOMOTIFNET – Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Yamaha akan segera menyediakan paket service perangkat injeksi bahan bakar khusus Yamaha Vixion. Paket service ini nantinya bisa diperoleh di semua jaringan dealer Yamaha di seluruh Indonesia. Mau tahu seperti apa langkah dan urutannya? Ayo kita kupas tuntas satu persatu!

Dalam paket yang diklaim sebagai cara mudah dan murah membersihkan injeksi ini, Yamaha konsentrasi pada dua part yaitu throttle body dan injector. Di dua komponen ini paling sering terdapat deposit karbon yang tentunya memuat performa Vixion jadi kurang maksimal.

Mari dimulai dari membersihkan throttle body. Throttle body yang kotor umumnya bisa dirasakan dari puatarn mesinnya yang tidak Stabil. Hal ini disebabkan oleh butterfly atau skep di dalam throttle body yang terganjal penumpukan karbon sehingga tidak bisa menutup dengan sempurna.

“Misalnya pada suhu 66 derajat celcius putaran mesinnya 1150 rpm, tapi saat suhunya meningkat jadi 71 derajat celcius malah turun jadi 978 rpm,” jelas Muhamad Abidin, Manager Technical Department Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang ditemui saat melakukan tes Yamaha Byson di Sentul kecil beberapa waktu yang lalu.


Gunakan sarung tangan anti static
Lepas throttle body lalu tinggal semprot dan keringkan

Perubahan putaran mesin ini bisa dideteksi dengan FI Diagnostic Tools. Pertama lepas throttle body dan semprotkan 3M Throttle Body Cleaner, lalu keringkan dan pasang kembali (gbr.1). “Throttle body Harus dilepas agar kotoran yang rontok tidak masuk ke ruang bakar,” jelas Abidin.

“Oiya jangan lupa, saat melepas throttle body harus menggunakan sarung tangan anti static (gbr.2). Medan magnet statis yang dikeluarkan tubuh manusia bisa merusak sensor-sensor di throttle body,” lanjut pria ramah yang berkantor di Pulo Gadung ini.

Satu langkah sudah selasai, kini giliran membersihkan injector. Penumpukan kotoran pada injektor disebabkan oleh kualitas BBM yang buruk. Karena kotoran menyumbat lubang injector, maka akan muncul gejala tarikan berat atau akselerasi kurang responsif.

Nah, untuk yang satu ini digunakan 3M FI Cleaner, cairan pembersih ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar. Maka dari itu butuh special tools untuk memasukan cairan ke throttle body. Special tools ini mirip preasure regulator, tapi bedanya yang ini sudah didesain khusus untuk Yamaha Vixion dan hanya dimiliki oleh jaringan bengkel Yamaha.


Atur tekanan dan nyalakan mesin selama 10 menit untuk membersihakan injektor

Karena menggantikan bahan bakar dari tanki, maka yang pertama dilakukan adalah melepas selang bensin dari tanki. Tapi sebelumnya lepas dulu kabel power yang menghubungkan fuel pump. Kalau tidak begitu mesin dihidupkan bensin dalam tanki akan mengalir keluar. 

Selanjutnya pasang 3M FI Cleaner pada special tools tadi dan sambungkan ke selang bensin yang menuju ke injector. Setelah terpasang sempurna, atur tekananya agar mencapai 250 Kpa sesuai standar Yamaha Vixion. Dan terakhir tinggal hidupkan mesin selama 10 menit. Dan kotoran akan bersih dengan sendirinya.

Hasilnya, bukan hanya performa yang dipastikan lebih baik. Emisi gas buangnya pun jadi lebih sehat. Di coba pada sebuah Yamaha Vixion milik konsumen DDS Jakarta yang sudah berjalan 25.143 km. Emisi CO nya yang sebelumnya 1,983 persen jadi 1,297 persen di 1500 rpm.

Penulis/Foto:Popo

Penulis : popo | Teks Editor : popo | Foto :

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Sang legenda Vespa Primavera hadir di Indonesia

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top