Senin, 14 Juli 2014 02:59 WIB

LAST UPDATE

Tips

Jumat, 21 Mei 2010 15:36 WIB

Pasang Sendiri Takometer Aftermarket, Mudah Kok

OTOMOTIFNET - Gak  usah sedih kalau bebek atau skutik kesayangan Anda tak ada penunjuk putaran mesin seperti di motor sport. Toh, bisa aplikasi indikator variasi yang kini banyak di pasaran. Harganya berkisar Rp 75-100 ribu dengan dua tipe tampilan, analog dan digital.

Fungsi takometer tentu untuk mengetahui kondisi putaran mesin. Sangat berguna buat nyeting karbu maupun mesin secara keseluruhan. karena tinggal melonggok ke indikator RPM tanpa harus pakai feeling lagi. Selain itu perpindahan gigi juga bisa diposisikan pada rpm yang tepat dengan berpatokan pada indikatornya. Efeknya, bisa bikin BBM jadi irit.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

"Untuk model analog dan digital, cara pasang di motor sama saja. Namun tidak dianjurkan buat motor injeksi. Sebab, sistem motor injeksi sudah serba komputerisasi, berbeda dari motor biasanya. Bisa korslet kalau salah colok," ucap Basio, mekanik bengkel variasi Matic Shop di Ciledug, Tangerang.

Misal produk yang satu ini yang punya lima buah kabel. Yaitu 2 kabel warna merah, 2 kabel hitam dan 1 kabel hijau. Tentu masing-masing kabel peruntukkannya berbeda yang akan dijelaskan pada saat pemasangan nanti.

Asyiknya lagi, aksesori ini sudah dilengkapi lampu LED pada bagian dalamnya. Jadi gak perlu melihat lebih dekat ke RPM saat di kegelapan. Makanya, untuk pemasangan pun harus sesuai aturan jika ingin RPM nya bekerja dengan benar.

Penasaran? Yuk kita langsung saja praktikkan cara pasangnya di Honda Supra-X 125. Siapkan saja obeng kembang, isolasi serta pisau atau cutter.

Pertama, kita atur dulu posisi pemasangan takometer. "Bisa di mana saja. Di atas batok lampu, bodi tengah atau bagian lain yang mudah terlihat. Yang penting pegangannya mesti kuat dan tidak mudah goyang," wantinya sembari menunjukkan pilihan posisi indikator tersebut (gbr 1).

Berikutnya, gabungkan dua kabel merah jadi satu dan dua kabel hitam juga jadi satu dari takometer. Setelah itu, baru lepas baut-baut pengancing di bodi samping sebelah kanan dengan obeng kembang. Setelah terbuka, cari kabel di dekat koil warna hitam setrip hijau.

Kalau sudah, sambungkan dengan kabel dari takometer berwarna hijau dengan cara diselipkan di sambungan kabel positif koil (gbr.2). Kemudian kabel hitam yang berfungsi sebagai massa, bisa dikaitkan di salah satu baut mesin (gbr.3). Boleh juga di sasis.

Lalu sambung kabel merah dari takometer ke kabel kontak. Caranya, dengan menyobek sedikit kabel kontak berwarna hitam setrip merah pakai cutter yang terletak dekat komstir guna mem-by pass arus listrik ke takometer (gbr.4). Kalau yang ini untuk menghidupkan lampu LED pada takometer.

Terakhir, hidupkan mesin dan mainkan gasnya. Cek apakah jarumnya bergerak sesuai putaran mesin. Jika sudah, tutup semua sambungan dengan isolasi hitam dan pasang kembali cover samping seperti sediakala.

Penulis/Foto: Jotos / Jotos

Penulis : Arseen | Teks Editor : Arseen | Foto :

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Top Speed Yamaha R25 di Sirkuit Sentul

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top