Selasa, 30 September 2014 23:52 WIB

LAST UPDATE

Tematis

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: bln

Filename: helpers/timedate_helper.php

Line Number: 101

Selasa, 00 0000 00:00 WIB

Mau Bikin Motor Kencang, Piston Jenong Banyak Diburu!

OTOMOTIFNET - Apa jadinya mesin tanpa piston? Hanya seonggok besi yang tak beda dibandingkan pot kembang atau tiang listrik. Enggak bisa dipakai membuat tunggangan melaju.

Piston atau seher ini memang menjadi jantung dari mesin, sehingga boleh dibilang ini adalah perangkat utama dapur pacu.

Makanya tak heran bagian ini jadi pusat perhatian para tuner. Banyak piston bisa digunakan untuk meningkatkan performa, mulai dari piston standar yang kapasitasnya lebih gede, hingga piston aftermarket yang memang dirancang untuk performa tinggi.

“Ada banyak piston di pasaran, mulai dari Izumi, LHK, Hispeed dan lainnya,” ungkap Marsell dari MC Racing di kawasan Kebon Jeruk IX, Jakbar. Piston-piston tadi ada yang disesuaikan dengan diameter standar ada pula yang memiliki diameter lebih besar, alias bore-up.

Begitu pun fasilitas yang ditawarkan produk-produk tersebut juga berbeda-beda. Ada yang menawarkan sekadar pistonnya saja ada pula yang menjual komplet set, berikut ring piston dan pen pistonnya.

“Misalkan Hispeed, ada yang dijual komplet dengan ring dan pen piston, sementara Kitaco pistonnya saja,” ungkap Dodo dari Dodo Racing di Ciledug Raya, Tangerang, Banten. Jadi pilihan pun bermacam-macam soal kelengkapannya.


Coakan klep untuk modifikasi bisa di reamer ulang

Ada yang dilengkapi dengan teflon di sisi piston

Piston hi-dome alias jenong kompresi lebih tinggi

Ring piston dan pen piston tak semua dijual dengan piston

Begitu juga kontur pistonnya, ada yang hi dome alias jenong ada pula biasa saja kontur atas pistonnya. Diameter piston pun sama, beragam pula jenisnya. Yang ingin menggunakan diameter piston standar pun ada, meski sudah hi dome.

Nah, ketika sudah ingin mengaplikasi piston ini, tentu ada yang harus dilakukan dulu pada komponen-komponen penunjang lainnya. Seperti ketika pilihan pada piston jenong yang dijual tanpa ring dan pen piston, perlu biaya tambahan.

Dodo mengatakan, ring piston rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 70 ribu, lantas pen piston Rp 30 ribu. kemudian kalau diameter piston diperbesar, tentunya perlu siapkan dana tambahan untuk korter sekitar Rp 25 ribu, begitu pun ketika harus mengganti boring, rata-rata dijual Rp 125 ribu.

Daftar harga Piston

FIM
150 ribu
Hispeed
400 ribu (piston kit)
NPP
130 ribu (Hi-dome)
 90 ribu (Biasa)
 Kitaco 250 ribu
BMI 100 ribu
Trim 150 ribu
Izumi 175 ribu
BRT 150 ribu
LHK 400-1,3 juta
Sumber Dodo Racing 021-7356555
Mc Racing 021-62202361


Penulis/Foto: Ben / Johan

Penulis : Arseen | Teks Editor : | Foto :

Berita Terkait

MOTORtv

JW Player goes here

Ducati Rilis Tiga Moge Baru di IIMS 2014

VIDEO LAIN

MOTORtv

Top