Selasa,28 Mei 2013 08:44 WIB

Penulis: Agus Sulis

Rem Cakram Berat, Hindari Engsel Kaliper Dari Debu dan Air!

Foto: Jack

Rem Cakram Berat, Hindari Engsel Kaliper Dari Debu dan Air!


Perangkat rem di motor rawan terhadap kotoran yang disebabkan debu dan air hujan. Tak ada salahnya buat melakukan pengecekan di komponen yang cukup vital ini.

“Jika lalai melakukan pemeriksaan rem cakram, berbagai masalah akan muncul pada komponen yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan ini,” buka Joko Sriyono dari Sri Motor.

Biasanya yang sering dialami pengendara, tuas rem yang terasa berat saat ditekan. “Banyak yang mengalami kejadian ini pada rem cakram. Meskipun sudah diganti, kampas rem dan minyak rem tuas rem masih saja terasa berat,” beber pemilik bengkel yang ada di Ampel, Boyolali, Jawa Tengah ini.

Hal itu dikarenakan engsel rem yang juga berfungsi sebagai dudukan kaliper kotor dan kurang pelumasan. Penyebabnya, karet pelindung engsel yang rusak atau aus. Kalau sudah kotor, akibatnya piston tidak bisa bergerak leluasa.

Untuk mengatasinya, lakukan pembersihan komponen engsel itu. Sebelumnya, lepaskan braket caliper rem dari dudukannya. Setelah terlepas, selanjutnya kita lepas engsel dari caliper.

“Biasanya, engsel yang terdapat pada bracket ini susah dibuka karena karat ataupun debu yang menempel. Semprotkan cairan penetran supaya bisa melepasnya,” bebernya.

Setelah engsel terlepas, tinggal bersihkan. Setelah itu, oleskan grease biar pergerakannya bisa lancar kembali. Rakit lagi deh. Mudah kan?. (motorplus-online.com)

EDITOR

billy

Selasa,19 Juli 2016 16:45 WIB

KUN 2016 Purbalingga

Selasa,12 Juli 2016 07:15 WIB

KUN 2016 Purwokerto

Senin,13 Juni 2016 16:00 WIB

Omes dan Imam Darto, Selamat ULTAH OTOMOTIF

Rabu,20 April 2016

Galeri Foto Pertamax Drift war

Senin,14 Maret 2016

Jakarta Auto Meet 2016

Kamis,3 Maret 2016

Serunya Bocah Balap MiniGP!

Top